Kenali Penyakit Mata Ayam Berair dan Berbusa dan Berikan Pengobatan yang Tepat

Sabung Ayam

Bagi para penghobi ayam aduan pastinya pernah mengalami kesusahan dalam merawat sang ayam, belum lagi ayam bangkok yang sedang sakit. Selama ini penyakit yang paling banyak menyerang ayam bangkok adalah mata ayam berair dan berbusa. Jika ayam kalian sudah terserang penyakit ini, kalian harus segera menanggulanginya atau mengobatinya karena yang menyebabkan penyakit mata ayam berair dan berbusa ini adalah adanya infeksi virus yang masuk melalui mata ayam,jika tidak cepat diobati maka tidak akan dipungkiri lagi jikalau mata sang ayam akan mengalami kebutaan.

Mata Ayam Berair dan Berbusa

Selain dari infeksi virus, bisa juga adanya cacing yang masuk melalui mata ayam bangkok yang kalian pelihara ataupun terserang pukulan oleh lawan tandingnya yang tepat pada matanya. Ada banyak jenis penyakit dari mata ayam berair dan berbusa ini, ada juga yang bisa menular kepada ayam bangkok lainnya. Berilah perawatan khusus kepada sang ayam agar tidak tertulat keayam lainnya, lakukan juga karantina dimana pemisahan antara ayam bangkok yang sedang sakit dengan yang tidak ini bisa mengurangi resiko kerugian bagi kalian yang membuka peternakan ayam bangkok.

Jika sudah terlanjur terserang mata berair dan berbusa, maka cara pengobatannya adalah dengan cara memberikan getah daun kelor yang ada pada tangkainya, berikan dosis 1-2 tetes getah tepat pada mata sang ayam yang sakit. Setelah itu kalian bisa menutum matanya menggunakan perban selama sehari, jika pada hari selanjutnya masih tak kunjung sembuh, lakukan penetesan kembali. Bukan hanya daun kelor saja, kalian juga bisa menggunakan getah dari ubi rambat, untuk cara penggunaannya tidak jauh beda dari menggunakan daun kelor tadi, bedanya kalian karus membersihkan mata sang ayam terlebih dahulu.

Apabila mata sang ayam belum parah sakitnya kalian bisa menggunakan obat tetes mata untuk manusia seperti insto atau lotte dan jenis lainnya untuk mencegah sang ayam mengalami sakit yang parah, teteskanlah obat tersebut dengan dosis 2-3 tetes setiap pagi dan sore hari sampai mata sang ayam kembali bening. Untuk mata ayam berair dan berbusa yang sudah parah maka kalian bisa menggunakan obat mata khusus ayam seperti eye chick yang bisa kalian dapatkan ditoko unggas daerah kalian atau kalian juga bisa mendapatkannya di-apotik terdekat, semoga pembahasan kita kali ini bisa bermanfaat untuk kalian para penghobi ayam bangkok yang sedang membaca artikel kami, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: